Tips Perawatan Wajah Bekas Cacar

Written By Kom Limpulnam on Jumat, 20 April 2012 | 20.26

Tips Perawatan Wajah Bekas Cacar BEKAS jerawat atau cacar kerap membuat orang minder. Tapi masalah itu tak perlu ditakuti lagi, sudah ada perawatan yang bernama dermaroller, yang mampu mengubah wajah bopeng Anda menjadi mulus kembali. Seperti apakah perawatan dermaroller itu?

Banyak klinik kecantikan yang belakangan ini menawarkan teknik perawatan kulit. Salah satunya adalah dermaroller. Teknik ini menggunakan alat berbentuk silinder seperti roller yang memiliki jarum-jarum kecil di sepanjang silinder tersebut. Alat itu merangsang regenerasi kulit dari dalam, tanpa mengakibatkan pengelupasan kulit luar.

Dokter Agustine HS Sondakh, M.Kes, dokter konsultan Holistic Centre, menjelaskan bahwa dermaroller pertama kali ditemukan oleh dr Andree Camirand, ahli bedah plastik Canada, pioneer dari Skin Needing. Tahun 1992, dr Andree Camirand mempublikasikan hasil eksperimen terhadap tatto facelift scars tanpa pigmen.

Dermaroller merupakan terobosan baru dengan metode meremajakan kulit dan scar treatment untuk menyempurnakan kulit yang bopeng akibat jerawat atau cacar. Seperti diketahui, jerawat yang mengering biasanya meninggalkan luka, mulai dari luka kecil, hingga jaringan parut (scar). Parut membuat wajah terlihat berlubang-lubang.

Dermaroller dilakukan dengan cara melukai kulit untuk memasukkan zat aktif yang mampu meresap sebanyak 99 persen, sehingga terjadi regenerasi kulit secara alami. Luka di sini bukan luka yang sebenarnya. Hanya luka kecil dan akan menutup dalam waktu 60-90 detik. Karena itu, sebelum luka tertutup, harus segera dimasukkan zat aktif agar cepat meresap ke dalam kulit. Tujuannya adalah merangsang pembentukan kolagen yang merupakan jaringan penyangga kulit dan mempercepat regenerasi kulit.

Berkurang Setiap Tahun

Produksi kolagen berkurang satu persen setiap tahun. Kolagen adalah sejumlah molekul kompleks dan saling terikat yang secara alami diproduksi tubuh. Berkurangnya produksi kolagen membuat elastisitas kulit berkurang, sehingga pori-pori kulit makin besar. Dermoroller merupakan alat berbentuk silinder seperti roller yang dilengkapi jarum khusus berukuran 1,5 mm, Roller itu "dijalankan" di permukaan kulit wajah. Efeknya, terjadi luka baru. "Dengan dilukai, otomatis tubuh akan bereaksi dan memperbaikinya dengan menumbuhkan jaringan baru," kata dr Agustine.

Dermaroller dilakukan ketika pasien datang ke klinik. Tetapi lebih bagus apabila dilakukan perawatan terlebih dahulu. Dermaroller menjanjikan kesembuhan sebanyak 50 persen dan aman untuk segala jenis kulit karena tak mengakibatkan luka permanen pada dermis.

Mekanisme Kerja Dermaroller

Selain untuk kulit bopeng, dermaroller juga dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut, meremajakan kulit dan memudarkan flek. Mekanisme kerja dermaroller adalah menginduksi produksi kolagen secara alami agar berlangsung terus sampai 12 bulan sesudah terapi mengatasi scars dan garis-garis kerutan dalam, dan meningkatkan infiltrasi dan absorbsi bahan aktif kulit dan obat untuk kulit.

Menurut dr Agustine, dermaroller tidak menyebabkan infeksi. Sesudah di-roller, kulit memerah selama dua hari. Sesudah itu akan kembali seperti semula. Banyaknya perawatan tergantung pada kebutuhan kulit. Jika ringan, cukup satu atau dua kali.

Sementara menurut dr Dewi Lestarini, Sp.KK, penyembuhan bopeng agak sulit karena merupakan jaringan parut yang sudah statis akibat penyebuhan yang tak sempurna. Untuk memperbaikinya, kulit harus dilukai supaya jaringannya tumbuh kembali dengan lebih baik. "Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merangsang regenerasi kulit, misalnya, laser, dan lain sebagainya," imbuhnya.

Dermaroller, lanjutnya, lebih ekonomis daripada laser. Hanya saja, orang mesti berhati-hati. Tindakan ini harus dilakukan oleh dokter terlatih. Setelah itu, pasien harus melakukan perawatan dengan baik untuk menghindari terjadinya efek samping, misalnya, infeksi atau pigmentasi akibat paparan yang berlebih Tips Perawatan Wajah Bekas Cacar

Anda sedang membaca artikel tentang

Tips Perawatan Wajah Bekas Cacar

Dengan url

http://penampilanmemukau.blogspot.com/2012/04/tips-perawatan-wajah-bekas-cacar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tips Perawatan Wajah Bekas Cacar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tips Perawatan Wajah Bekas Cacar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger